BAB 4 "DATABASE RELASIONAL"

TUGAS SIA BAB 4

disusun oleh :

Kinasih

1117 29647 / C2

FILE VERSUS DATABASE

Database adalah seperangkat koordinasi beberapa file data terpusat yang saling berhubungan yang disimpan dengan sedikit mungkin kelebihan data. database dikembangkan untuk menempatkan perkembangbiakan file induk.

Berikut ini elemen-elemen dasar hierarki data :


Sistem Manajamen Database (DBMS) adalah suatu program yang mengelola dan mengendalikan data serta menghubungkan data dan program-program aplikasi yang menggunakan data yang disimpan dalam database.
Administrator Database adalah seseorang yang bertanggung jawab unutk mengordinasikan, mengendalikan, dan mengelola database.

Contoh sistem yang berorientasi file versus database :

Menggunakan Gudang Data Untuk Business Intelligence

Gudang Data adalah satu atau lebih database besar yang berisi data mendetail dan diringkas untuk beberapa tahun yang digunakan dalam analisis, bukan untuk pemrosesan transaksi.
Business Intelligence  adalah menganalisis data dalam jumlah besar untuk pembuatan keputusan yang strategis. ada 2 teknik utama yang digunakan dalam Business Intelligance :
  1. Pemrosesan Analitikal Online : menggunakan beberapa query untuk membuat hipotesis hubungan antar data.
  2. Penggalian Data : penggunaan analisis statistik yang canggih, termasuk teknik-teknik kecerdasan buatan (artificial intelligence) seperti jaringan syaraf, untuk "menemukan" hubungan yang tidak dihipotesiskan dalam data.
untuk memastikan bahwa input gudang data akurat maka perlu dilakukan scrubbing data.

Keunggulan Sistem Database 

  1. Integrasi data
  2. Pembagian data.
  3. Meminimalkan kelebihan dan inkonsistensi data.
  4. Independensi data.
  5. Analisis lintas fungsional.

Sistem Database

Tampilan Logis dan Fisik Atas Data

Pada sistem yang berorientasi file, pemrogram harus tahu lokasi fisik dan layout catatan.
contoh layout catatan file piutang :

Layout Catatan adalah dokumen yang menunjukan item-item yang disimpan dalam file, termasuk urutan dan panjang field data serta tipe data yang disimpan dalam file piutang.
Pendekatan database memberi dua tampilan data terpisah :
  1. Tampilan Logis adalah bagaimana seseorang secara konseptual mengelola dan memahami hubungan antar item data.
  2. Tampilan Fisik adalah mengacu pada bagaimana data secara fisik diatur dan disimpan dalam komputer.
Fungsi DBMS : untuk mendukung berbagai Tampilan Logis Data, sebagai berikut :

Skema

Skema adalah deskripsi elemen-elemen data dalam database, hubungan diantara mereka, dan model logika yang digunakan untuk mengelola dan menjelaskan data.
Ada 3 level dari skema :
  1. Skema Level Konseptual : tampilan organisasi yang luas atas keseluruhan database yang mendaftar semua elemen data dan hubungan di antara mereka.
  2. Skema Level Eksternal : tampilan pengguna individu terhadap bagian-bagian dalam database, yang juga disebut dengan subskema.
  3. Skema Level Internal : tampilan level rendah atas keseluruhan database yang menjelaskan bagaimana data sebenarnya disimpan dan di akses.
contoh tiga level skema :

Kamus Data

Kamus Data adalah informasi mengenai struktur database, termasuk deskripsi tiap elemen.
contoh kamus data :

Bahasa DBMS

Bahasa Definisi Data adalah membangun kamus data, membuat database, menejelaskan tampilan logis setiap pengguna dan memerinci catatan atau hambatan keamanan field.
Bahasa Manipulasi Data adalah mengubah isi database, termasuk membuat, memperbarui, menyisipkan dan menghapus elemen data.
Bahasa Query Data adalah bahasa level tinggi, seperti bahasa inggris yang berisi perintah kuat dan mudah digunakan, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil, menyortir, memesan, serta menunjukan data.
Penulis Laporan menyederhanakan pembuatan.

Database Relasional

DBMS digolongkan berdasarkan Model Data, yaitu merupakan representasi abstrak konten-konten database.
Model data relasional, merepresentasikan skema level konseptual dan eksternal sebagaimana data disimpan dalam tabel dua dimensi.
Tuple, baris dalam tabel yang berisi data mengenai komponen spesifik dalam tabel database.

Tipe-tipe Atribut

Kunci Utama adalah atribut database, atau kombinasi atribut yang secara khusus mengidentifikasi suatu baris tertentu dalam sebuah tabel.
Kunci Asing adalah atribut dalam tabel yang juga merupakan kunci utama dalam tabel lain dan digunakan untuk menghubungkan dua tabel.
Contoh tabel Persediaan untuk S&S :

 Membuat Desain Database Relasional Untuk S&S, INC

Dampak dari cara menyimpan informasi ini :
  1. Menyimpan semua data dalam satu tabel yang seragam. beberapa masalah yang akan terjadi ketika data faktur yang disimpan dalam tipe-tipe tabel ini, berikut beberapa masalah yang timbul, Anomali pembaharuan, mengelola database secara tidak benar di mana item kunci non-utama disimpan beberapa kali, atau memperbaharui komponen dalam satu lokasi sedangkan lokasi lain tidak diperbaharui akan menyebabkan inkonsistensi data.
  2. Memvariasikan jumlah kolom.
  3. Solusi : seperangkat tabel. 

Persyaratan Dasar Database Relasional 

  1. Setiap kolom dalam baris harus dinilai tunggal.
  2. Kunci utama tidak bisa nol
  3. Kunci asing, jika bukan nol, harus memiliki nilai yang sesuai dengan nilai kunci utama pada tabel lainnya.
  4. semua atribut nonkunci dalam tabel harus menjelaskan karakteristik objek yang diidentifikasi berdasarkan kunci utama.

Dua Pendekatan Untuk Desain Database

  1. Normalisasi, mengikuti aturan-aturan pembuatan database untuk mendesain database relasional yang bebas dan anomali penghapusan, sisipan, dan pembaruan.
  2. Pemodelan data semantik, pendesain menggunakan pengetahuan atas proses bisnis dan kebutuhan informasi untuk membuat seluruh diagram yang menunjukan apa saja yang akan dimasukan ke dalam normalisasi database penuh.

Membuat Query Database Relasional

Query 1  : menjawab dua pertanyaan : berapa nomor faktur yang dibuat untuk semua penjualan yang dibuat untuk D. Ainge dan siapa tenaga penjual untuk setiap penjualan?

Query 2 : menjawab pertanyaan berapa banyak televisi yang dijual pada bulan Oktober

Query 3 : menjawab pertanyaan, siapa nama dan di mana alamat pelanggan yang membeli televisi pada bulan oktober.

Query 4 : menjawab pertanyaan, berapa nomor faktur penjualan, tanggal, dan total faktur penjualan bulan oktober, yang diatur berdasarkan jumlah total.


Query 5 : menjawab pertanyaan, berapakah total penjualan berdasarkan tenaga penjual.

Sistem Database dan Masa Depan Akuntansi

Sistem database memiliki potensi untuk mengganti pelaporan akuntansi secara eksternal. di masa depan, perusahaan dapat membuat salinan database keuangan yang tersedia untuk pengguna eksternal laporan keuanagn tradisional. 
Keuntungan dari sistem database ini adalah kemampuannya dalam membuat query ad hcoc untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 20 "PENGANTAR PENGEMBANGAN SISTEM DAN ANALISIS SISTEM"

BAB 13 " SIKLUS PENGELUARAN : PEMBELIAN DAN PENGELUARAN"

BAB 8 "PENGENDALIAN UNTUK KEAMANAN INFORMASI"